Thursday , December 8 2022

Begini Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Laptop

Begini Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Laptop

Narasi.net — Saat ini, ada banyak sekali game modern yang sangat menarik untuk dimainkan. Pada umumnya, game modern ini membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk memainkannya. Jika tidak, permainan akan kerap mengalami lag atau macet.

Hal ini tentunya sangat mengganggu permainan kami. Semakin tinggi spesifikasinya maka kemampuannya pun akan semakin optimal. Begitupun sebaliknya,  semakin rendah spesifikasi yang dimiliki perangkat, maka kemampuan bermain game akan semakin buruk.

Lebih-lebih, jika dipaksakan bisa merusak perangkat yang digunakan. Lebih dari satu orang barangkali tidak ingin membeli laptop baru dan menghabiskan uangnya hanyalah untuk bermain game.

Namun anda tidak perlu risi, walaupun anda punya laptop dengan spesifikasi rendah, anda akan tetap bisa bermain game yang berat tanpa lag dengan mengoptimalkan kinerja laptop yang anda gunakan.

Simak lebih dari satu tips berikut!

Cara Mengatasi Lag Saat Main Game

Begini Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game di Laptop

1. Upgrade Software dan Driver

Langkah pertama yang harus anda melakukan adalah mengupgrade software pada laptop anda. Periksa windows 10 untuk pembaruan dengan mengetik “Pembaruan” atau “Update” di kolom pencarian dan pilih “Periksa pembaruan” jika masih didalam versi yang lama, pastikan anda mengupdatenya terlebih dahulu.

Tidak cuman itu, anda juga harus mengupdate game yang ingin anda mainkan ke versi terbaru. Sehabis mengupdate software dan game, periksa GPU laptop anda, pastikan driver telah diperbarui.

GPU harus di update secara rutin untuk membantu tingkatkan cara pemanfaatan energi, memperbaiki bug, dan mengoptimalkan kinerja untuk bermacam situasi permainan.

Pembaruan ini dapat memperbaiki kasus FPS dan memperbaiki persoalan ketidakcocokan antara game dan kartu grafis anda. Tapi, driver GPU tidak diperbarui secara otomatis.

Untuk memeriksa versi terbaru berasal dari driver Gpu, anda harus menginstal dan mengaktifkan Pembaruan Nvidia atau Pengalaman Geforce untuk GPU Geforce Nvidia. Untuk GPU AMD Radeon, gunakan alat deteksi otomatis Driver.

Tetapi, update driver dapat memicu kasus seperti barangkali berlangsung dikarenakan bug atau kasus dengan fitur driver baru yang tidak kompatibel dengan desain game.

Jika ini berjalan, kembalikan driver GPU ke versi sebelumnya atau unduh driver orisinil berasal dari awal lagi jangan perbarui, untuk saat ini.

2. Aktifkan Mode Game Windows

Mode ini dapat ditemukan di Windows 10, gunakan mode game dengan mutu low disesuaikan dengan kemampuan laptop anda, hal ini dijalankan untuk menggurangi mutu grafik pada game yang berat.

Untuk mengaktifkan Mode Game, ketik “Game” di kolom pencarian Windows dan pilih Game Mode Settings.
Sehabis aplikasi pengaturan terbuka, pastikan Mode Game diaktifkan. anda perlu merestart laptop / PC anda
sesudah mengaktifkan fitur ini.

3. Optimalkan Pengaturan Game Kamu

Untuk mengoptimalkan kinerja perangkat anda, periksa Nvidia dengan klik kanan pada desktop, pilih panel control Nvidia berasal dari menu pop up, sehabis aplikasi terbuka pilih Kelola pengaturan 3d yang ada di kiri bawah pengaturan 3d, lalu klik tab Pengaturan Dunia yang ditampilkan di sebelah kanan.

Kelanjutannya, cari Mode Manajemen Kekuatan. Pastikan fitur ini dialihkan berasal dari Adaptive ke Prefer Maximum Performance, lalu pilih tombol Apply.

4. Pilih Resolusi Layar yang Lebih Rendah

Resolusi layar yang tinggi juga dapat memperberat game anda, supaya hal ini akan memicu anda mengalami lag atau macet saat bermain game.

Jika game yang anda mainkan tidak dapat berlangsung mirip sekali, coba ubah resolusi layar jadi lebih rendah. Atau bisa saja, anda bisa mengubah ketetapan berasal dari UHD ke Full Hd.

5. Gunakan Aplikasi Game Booster

Cara pada akhirnya adalah, gunakan aplikasi game booster, tujuan utama aplikasi ini adalah kurangi kesibukan latar belakang dan menambah kegunaan game, supaya anda tidak mengalami persoalan Fps.

Aplikasi ini akan memprioritaskan game anda dan menonaktifkan aplikasi lain yang diakui tidak perlu, supaya dapat memaksimalkan permainan game anda.

Aplikasi ini juga menonaktifkan mode tidur CPU di dalam upaya menambah sumber energi untuk game yang tengah dimainkan.

Nah itu dia 5 cara untuk menanggulangi lag atau macet di laptop atau PC anda. Dengan jalankan 5 cara itu, bisa mengakibatkan game terjadi lebih lancar.

Check Also

Stay Organized With RTM

Stay Organized With RTM

Narasi.net – There are many different applications that you can install on your iPhone, and …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *