Friday , August 12 2022

Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya, Jenis Barang, dan Waktunya

Narasi.net – Hallo selamat datang kembali bersama admin yang akan membahas jenis pasar berdasarkan wujudnya.

Tentunya teman teman dulu pergi kepasar. Banyak sekali keperluan yang kami cari ditemukan di pasar. Mulai berasal dari sandang, makanan, alat alat tulis hingga barang barang produksi.
Lalu, ada berapa style pasar ya?

Untuk jelas lebih lanjut, yuk kami cari menyadari pernah definisi pasar. Pasar adalah daerah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung, pasar juga merupakan wahana yang terlampau vital didalam kehidupan ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi Jenis pasar terbagi atas beberapa jenis.

 

Jenis Pasar Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya pasar terdiri atas pasar nyata dan pasar tidak nyata.

  1. Pasar konkret

pasar nyata adalah area bertemunya didalam laksanakan traksaksi jual beli berupa barang dan jasa. Karakteristik pasar nyata wujudny konkret. Adapun karakteristik lainnya, barang yang di perjualbelikan sahih sahih nampak konkret, penjual dan prmbeli bertemu secara langsung, transaksi dijalankan secara tunai, dan juga barang bisa di menonton dan di bawa pas tersebut juga. Contoh pasar nyata, yaitu pasar 16 ilir palembng, pasar tanah abang di jakarta, pasar anyar dibogor dan pasar ubud di bali.

 

  1. Pasar abstrak

pasar abstrak adalah media hubungan secara tidak langsung antara penjual dan pembeli di dalam mencapai kesempakatan harga dan barang. Karakteristik- karakteristik pasar abstrak pertama, barang yang diperjualbelikan sebatas di dalam bentuk sampel atau tidak nampak serupa sekali. Kedua, pembeli dan penjual tidak bertemu langsung tetapi berkomunikasi lewat surat, faksimile,telephone atau email. Ketiga, transaksi dilaksanakan di dalam partai besar. Keempat, transaksi dilandasi oleh kepercayaan dan penyerahan barang ada jarak sementara. Contoh pasar abstrak, yaitu bursa pengaruh jakarta (Bej), pasar uang, pasar valuta asing, bursa tenaga kerja dan bursa komoditas.

 

Jenis Pasar Menurut Barang Yang Diperjualbelikan

menurut jenis barang yang diperjualbelikan, pasar terdiri atas pasar barang konsumsi dan pasar barang produksi.

  1. Pasar barang konsumsi

pasar mengkonsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan keperluan sehari hari layaknya pakaian dan pangan. Contoh, pasar ikan, pasar sayuran, pasar beras dan pasar buah.

  1. Pasar barang produksi

pasar barang produksi adalah pasar yng memperjualbelikan faktor faktor produksi. Contoh, pasar tenaga kerja, pasar modal, pasarmesin mesin produksi dan pasar bibit tanaman.

 

Jenis Pasar Menurut Waktu Terjadinya

Jenis pasar menurut waktu terjadinya terdiri atas pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan.

  1. Pasar harian

pasar harian adalah pasar yang beroperasi setiap hari yang dapat dikunjungi dan bisa melayani konsumen setiap hari. Contoh pasar perumnas palembang, pasar baru jakarta dan pasar turi di surabaya.

  1. Pasar mingguan

pasar mingguan adalah pasar yang melayani konsumen setiap satu minggu sekali atau biasa di sebut pasar kalangan. Contoh pasaar senin, pasar kamis, pasar jumat dan pasar minggu.

  1. Pasar bulanan

pasar bulanan adalah pasar yang beroperasi tiap-tiap sebulan sekali. Pasar ini kerap dijumpai di area kurang lebih pabrik atau kantor pos. Dibuka pada pas karyawan pabrik atau pensiunan mendapat gaji. Adapun type barang yang diperdagangankan berupa product product tertentu, layaknya hasil industri, hasil seni dn barng pakaian.

  1. Pasar tahunan

Pasar year dalah pasar yang diselenggarkan satu year sekali. Pasar ini bersifat nasional ataupun internasional agar penyelenggaraannnya mampu dimanfaatkan untuk ajang promosi bagi product product tertentu dan product bru. Contohnya, pekan raya jakrta (Prj) yang dilakukan untuk memeriakanhut kota jakarta dan pasar malam sekaten di solo.

 

Jenis Pasar Menurut Luas Wilayah Kegiatannya

Jenis pasar menurut luas wilayah kegiatannya, pasar terdiri atas pasar lokal, pasar nasional dan pasr internasional.

  1. Pasar Lokal

Pasar lokal adalah pasar yang melibatkan penjual dan pembeli yang berasal dari daerah setempat atau pasar yang pemasarannya meliputi daerah tertentu. Contoh karena pengaruh budaya, permintaan kain batik yogyakarta tinggi sehingga pasar pasar di provinsi ini banyak menjual kain batik.

  1. Pasar Nasional

Pasar nasional adalah pasar yang melibatkan penjual dan pembeli dari berbagai daerah dalam lingkungan suatu negara.contohnya, pasar modal dan pasar tenaga kerja.

  1. Pasar Regional

Pasar regional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada suatu kawasan tertentu. Contohny, pasar pupuk hasil kerja sama negara2 asean dan pasar bwrsama negara eropa.

  1. Pasar Internasional

Pasar internasional adalah pasar yang mempunyai ruang lingkup internasional yang melibatkan penjual dan pembeli dari berbagai penjuru dunia. Contohnya, pasar world di sydney dan pasar kopi di santos, brasil.

 

Jenis Pasar Menurut Strukturnya

Jenis pasar menurut strukturnya, pasar terdiri atas pasar persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna.

  1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)

Pasar peesaingan paripurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli mirip serupa banyak, dimana diantara keduanya tidak bisa saling merubah. Di dalam pasar persaingan paripurna penjual maupun pembeli tidak bisa menentukan harga sendiri. Harga dipengaruhi oleh taraf peemintaan dan penawaran.

  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market)

Pasar persaingan tidak paripurna adalah dimana jumlah penjual lebih sesikit berasal dari jumlah pembeli. Penjual sanggup menentukan harga dan jumlah barang yang di produksi.

Sekarang teman teman telah jelas kan apa saja model tipe pasar? Tak hanya tersebut pasar juga bisa kami bedakan jadi dua. Yaitu, pasar tradisional dan pasar modern.

 

Penutup

Semoga info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya.
Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Dan jangan lupa untuk membagikan web site ini kepada kerabat, sobat, teman kalian dan tetap konsisten mengunjungi Narasi.net supaya tidak ketinggalan info terbaru lainnya berasal dari web kita. Terimakasih

loading…

Check Also

Explanation About Finance & Banking

Explanation About Finance & Banking

Narasi.net – Explanation About Finance & Banking. A banking and finance degree prepares students who are seeking a career in business and/or personal finance. Students who wish to work in the world's financial markets, which shake the world of economics, should earn a degree in banking and finance. Banking since 2000 BC, although it has [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.