Monday , November 28 2022

Kenali Ragam Tipe Kulit Anda dan Ciri-cirinya

Kenali Ragam Tipe Kulit Anda dan Ciri-cirinya

Narasi.net – Jauh sebelum memilih product skincare, hal pertama yang perlu kamu melakukan adalah menyadari apa style kulit kamu. Mengenal model kulit wajah maupun badan ternyata sangat penting, dikarenakan ini akan menentukan jenis perawatan dan product yang kamu butuhkan.

Tipe kulit sehat manusia

Type kulit yang sehat terdiri berasal dari kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Ada pula jenis kulit mudah berjerawat dan sensitif, tetapi kedua jenis ini biasanya dipengaruhi oleh beraneka-macam faktor, termasuk situasi medis tertentu pada struktur kulit manusia.

Berikut ciri-ciri dari setiap tipe kulit yang sehat dan cara mengenalinya.

1. Kulit normal

Kulit normal tidak sangat kering maupun berminyak. Jenis kulit ini punya kelembapan dan kekenyalan yang lumayan sebab minyak alami kulit tersebar merata, namun produksi minyak tidak berlebihan supaya kulit tidak tampak mengilap.

Kulit normal sebatas punya sedikit persoalan kulit atau kadang tidak ada mirip sekali. Kulit tidak tampak kusam, mempunyai persebaran warna yang merata, dan pori-pori yang tidak amat besar. Jenis kulit ini juga tidak mudah mengalami iritasi.

Uniknya, tak banyak orang yang yakin bahwa kulitnya bertipe normal. Kemungkinan ini disebabkan sebab tiap-tiap pemilik kulit normal bisa memperlihatkan reaksi yang beraneka pada perawatan kulit, pertambahan usia, maupun faktor-faktor lainnya.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang tinggi. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melindungi dan mempertahankan kelembutan kulit. Kulit berminyak bisa semakin parah implikasi perubahan hormon, pertambahan usia, dan lain-lain.

Pemilik kulit dengan type berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori besar, jerawat, komedo, dan kasus homogen yang menimbulkan bercak berwarna pada kulit. Hampir semua bagian wajah tampak mengilap implikasi minyak berlebih.

Jika tidak dirawat, pori-pori yang besar dapat tersumbat dan membuat breakout. Pemilik kulit berminyak disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari, menghindari pembersih scrub, dan memilih product perawatan kulit berlabel non-komedogenik.

3. Kulit kering

Kulit kering biasanya disebabkan oleh faktor luar seperti udara yang kering, kebiasaan mandi sangat lama, dan paparan bahan kimia pada product pembersih kulit. Jenis kulit ini juga bisa dimiliki oleh orang yang mengalami perubahan hormon atau mulai menua.

Karakteristik khas berasal dari kulit kering adalah pori-pori yang sangat kecil, adanya bercak kemerahan, dan penampilan kulit yang cenderung kusam. Kulit kering biasanya juga terasa ketat, mempunyai garis-garis yang lebih terlihat, dan juga mudah gatal dan teriritasi.

Kulit yang sangat kering dapat jadi kasar, pecah-pecah, dan bersisik, terutama di bagian belakang tangan dan kaki. Kulit kering yang tidak terawat dapat mengalami peradangan dan apalagi berkembang jadi eksim.

4. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah perpaduan berasal dari sebagian model kulit dan merupakan type kulit yang paling umum. Karakteristik khasnya adalah tempat tertentu pada kulit terasa berminyak, sedangkan daerah yang lain justru normal, kering, atau apalagi sensitif.

Bagian kulit yang biasanya berminyak adalah T-Zone yang terdiri berasal dari dahi, hidung, dan dagu. Pas itu, tempat kulit yang kering adalah di kurang lebih mata dan mulut. Pipi bisa kering ataupun berminyak, tergantung seberapa banyak produksi sebum.

Pemilik kulit kombinasi juga menghadapi kasus yang mirip dengan kulit berminyak, yakni pori-pori besar, komedo, dan kulit yang tampak mengilap. Akan tapi, kasus jerawat kamu bisa saja tidak separah pemilik kulit berminyak.

Apa bedanya dengan jenis kulit sensitif?

Kulit sensitif berbeda dengan keempat jenis kulit lainnya. Kulit sensitif pada dasarnya adalah kulit yang mudah mengalami iritasi. Pemilik kulit sensitif bisa saja punyai kulit yang normal, berminyak, kering, maupun kombinasi.

Model kulit ini mudah terserang gatal, terbakar matahari, dan pecah-pecah. Kulit sensitif juga lebih kerap mengalami ruam, kemerahan, dan terkena reaksi alergi implikasi kosmetik. Terkadang, juga tampak bercak dan pembuluh darah pada permukaan kulit.

Jika kamu mempunyai kulit sensitif, kenali apa yang jadi pemicu iritasi atau radang untuk menahan kasus kulit. Ada banyak faktor yang dapat sebabkan kasus pada kulit sensitif, tetapi yang paling umum adalah product skincare yang tidak disesuaikan.

Cara mengetahui tipe kulit

Cara paling mudah untuk paham jenis kulit kamu adalah dengan memerhatikan karakteristik-cirinya. Amati seberapa lembut, kenyal, dan lentur kulit kamu untuk memahami apakah kelembapannya udah memadai.

Tak hanya itu, memperhatikan pula seberapa sensitif kulit kamu pada perubahan cuaca, udara kering, dan juga paparan air hangat dan dingin. Bila kulit kamu bereaksi pada perubahan kecil sekalipun, ada bisa saja kulit kamu kering atau sensitif.

Jika suasana kulit kamu mudah berubah, berikut sebagian pertanyaan simple untuk membantu kamu mengenali jenis kulit.

1. Seperti apa tekstur kulit Anda setelah Anda mencuci muka?

a. Kasar dan ketat
b. Kenyal dan lembut
c. Sedikit berminyak
d. Berminyak pada sebagian area

2. Seberapa sering Anda mengalami breakout?

a. Hampir tidak pernah
b. Jarang
c. Rutin
d. Hanya di T-zone

3. Seperti apa tekstur kulit Anda secara umum?

a. Lembut dan transparan (bisa terlihat pembuluh darah)
b. Kuat dan merata
c. Tidak rata dan sedikit kasar
d. Kombinasi semuanya

4. Seperti apa tekstur kulit Anda pada siang hari?

a. Bersisik dan pecah-pecah
b. Bersih dan segar
c. Mengilap di seluruh wajah
d. Mengilap di T-zone

Sekarang, hitung berapa banyak jawaban a, b, c, dan d kamu. Banyak jawaban a menandakan kulit kering. Jawaban b menandakan kulit normal. Jawaban c adalah karakteristik kulit berminyak, sedangkan d membuktikan kulit kombinasi.

Mengenali style kulit berperan penting sebagai panduan perawatan untuk kulit. Ini disebabkan sebab perawatan kulit yang tidak disesuaikan justru dapat sebabkan breakout, iritasi kulit, atau apalagi penuaan dini.

Menjadi, perhatikanlah seperti apa warna, tekstur, dan kelembapan kulit kamu sebelum kamu membeli product apa pun. Dengan begitu, kulit kamu akan beroleh nutrisi dan fungsi yang disesuaikan dengan jenisnya.

Check Also

Protect Your iPhone With InvisibleSHIELD

Protect Your iPhone With InvisibleSHIELD

Narasi.net – When you have an iPhone you regard it more than simply your cell …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *