Friday , September 30 2022

Nusantara Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Buah Bibir Media Mancanegara

Narasi.net – Nusantara diputuskan jadi sebutan ibu kota negara baru menggantikan DKI Jakarta. Melodi pro kontra menghiasi ruang publik rakyat Indonesia. Nusantara tak luput berasal dari perhatian media mancanegara.

Sebutan Nusantara dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi ibu kota negara baru setingkat provinsi tersebut. Perdebatan sebutan Nusantara sempat berjalan di taraf Panitia Spesifik Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara atau Pansus IKN DPR RI ketika product legislasi tersebut belum disahkan jadi undang-undang.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan alasan dipilih julukan Nusantara lantaran telah dikenal semenjak pernah dan ikonik secara internasional. Tak hanya tersebut, sebutan tersebut mudah menggambarkan Republik Indonesia.

“Alasannya adalah Nusantara telah dikenal semenjak pernah dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kami seluruh, republik Indonesia, dan saya kira kami seluruh setuju dengan istilah Nusantara tersebut,” ujar di dalam kedap di DPR layaknya dirangkum detikcom, Rabu (19/1/2022).

Kemarin, Rancangan Undang-Undang mengenai Ibu Kota Negara (Ruu Ikn) juga telah disetujui jadi undang-undang di dalam kedap sempurna DPR Ri. Dengan begitu, pemindahan ibu kota berasal dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) dengan sebutan Nusantara bisa dilakukan.

 

Jadi Bahasan Dunia

Salah satu media asing yang menyoroti Nusantara . ‘Indonesia namai ibu kota baru, setujui perpindahan berasal
dari Jakarta.

“Indonesia sudah menamai ibu kota barunya Nusantara, sehabis anggota parlemen menyetujui perpindahan berasal dari Jakarta ke Kalimantan-Tempat yang tertutup hutan di timur pulau Kalimantan,” mengawali laporannya.

Sorotan juga berkunjung berasal dari media asal Inggris, The Guardian. The Guardian menyorot Nusantara di dalam artikel berjudul ‘Indonesia menamakan ibu kota barunya Nusantara, menggantikan Jakarta yang tenggelam’.

Di dalam artikelnya, The Guardian turut menuliskan perpindahan ibu kota ini dengan asa beban Jakarta sebagai kota berpenduduk 10 juta jiwa yang terkenal macet, kerap dilanda banjir, dan merupakan salah satu kota yang paling cepat tenggelam di dunia implikasi pengambilan air tanah yang berlebihan, dapat berkurang.

“Beberapa wilayah Jakarta Utara mengalami penurunan kurang lebih 25 cm per tahun, sebab penurunan tanah-terhitung lebih-lebih tembok laut yang dirancang sebagai penyangga bagi penduduk,” tulis The Guardian.

Media asal Amerika Perkumpulan (As), The Washington Post; Bloomberg; kantor kabar Arab Saudi, Al Arabiya; forum penyiaran Jerman, Deutsche Welle (Dw); media asal Jepang, Nikkei Asia; sampai koran asal Singapura, The Straits Times juga menyoroti Nusantara.

“Indonesia Menamai Ibu Kota Baru ‘Nusantara’ Sementara DPR Menyetujui Perpindahan,” demikian judul Nikkei Asia.

Kala, South China Morning Post menyoroti Nusantara didalam artikel berjudul ‘Pas Indonesia menamai ibu kota barunya yang bernilai Us$34 miliar sebagai ‘Nusantara’, para kritikus yang berpikiran historis mengatakan tersebut ‘Sulit untuk menonton idenya’.

Menjadi, Sebutan ‘Nusantara’ Orisinil Majapahit Jawa atau Kutai Kaltim?
Kepala Otorita
Wacana soal kepala otorita ibu kota negara (Ikn) mencuat sejalan ratifikasi Undang-Undang Ikn.
Presiden Jokowi mengungkap kriteria calon pemimpin ibu kota yang bernama Nusantara tersebut.

“Paling tidak pernah memimpin area dan punyai background arsitek,” kata Presiden Jokowi waktu bertemu dengan sebagian pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Jawaban Jokowi menyebabkan peserta rendezvous berasumsi ke sosok kepala area taraf I berlatar belakang arsitek yang merupakan orang Sunda. Tetapi waktu ditanya lebih jauh, Jokowi sekedar tersenyum.

Jokowi juga berbicara perihal pemilihan julukan Nusantara untuk Ikn. Dia mengatakan sebutan itu tak dan juga merta dipilih gara-gara pendapat pribadinya, tetapi juga udah menampung aspirasi sejumlah pihak.

 

Penutup

Semoga info diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Dan jangan lupa untuk membagikan web site ini kepada kerabat, sobat, teman kalian dan tetap konsisten mengunjungi Narasi.net supaya tidak ketinggalan info terbaru lainnya berasal dari web kita. Terimakasih

Check Also

Quem é Kelisa Wing? Oficial do Patrimônio do Departamento de Defesa e Autor da Wiki Biografia

Quem é Kelisa Wing? Oficial do Patrimônio do Departamento de Defesa e Autor da Wiki Biografia

Narasi.net — Quem é Kelisa Wing? Oficial do Patrimônio do Departamento de Defesa e Autor da Biografia Wiki, O racismo é possivelmente o tópico mais crítico em todo o mundo e cada comentário depreciativo sobre a cor do corpo de alguém pode incendiar todo mundo, e sempre que algo sai, deixa uma discussão profunda incalculável. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.